NURANIKU BICARA

Lama sudah ku mencari, segala arah tlah ku datangi…
Namun yang ku cari entah dimana,…
Membuat diriku terjatuh dalam lubuk nurani tak berdasar..
Tak ada cahaya cinta disana…
Hanya nurani yang kelam oleh penantian cinta yang tak kunjung datang..
Hanya hampa yang terasa sesak menjepit hembusan nafas….
Ku tak pernah mengerti…
Apakah ini cinta?...
Apakah ini rindu?...
Hampir hilang dan tak dapat kurasakan lagi perasaan ini..
Kau datang begitu saja,..
Membawa lilin-lilin kecil..
Dan menata lemahnya hati yang tlah tak berbentuk…
Cinta…???
Apakah ini yang kurasakan saat ini??
Perasaan tulus yang tak pernah ku mengerti…
Perasaan indah yang datang tanpa perlu alasan tuk singgah..
>< 
Lantas apa yang hendak kau cari dari dasar nurani yang hampa ini??
Tak ada cahaya…tak ada kata-kata bahagia…
Hanya mutiara ketakutan saja pada hidup..dan perasaan cinta yang sebenarnya…
Apapula yang ku cari dari hidupmu??..
Entahlah….
Akupun tak menerti…
Semua datang begitu saja…
Lirihnya hati berkata…..
Cinta ini tulus padamu, tanpa perlu alasan…

Read comments

BAB 1 PERENCANAAN & PENGANGGARAN PERUSAHAAN

Salah satu fungsi manajemen adalah perencanaan. Perencanaan (planning) merupakan tindakan yang dibuat berdasarkan fakta dan asumsi mengenai gambaran kegiatan yang akan dilakukan di masa mendatang untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Tujuan utama perencanaan untuk memberikan  proses umpan maju (feedforward) agar dapat memberikan arahan kepada setiap manajer  dalam keputusan.

Penganggaran (budgeting) merupakan proses menyusun anggaran perusahaan sehingga anggaran perusahaan merupakan hasil dari penganggaran perusahaan. Penganggaran perusahaan berarti menjelaskan, menghitung, dan menyusun anggaran perusahaan; sedangkan anggaran perusahaan menampilkan bentuk dari anggaran perusahaan, seperti laporan neraca atau laporan laba rugi tanpa disertai penjelasan, penghitungan maupun penyusunannya.

Jenis rencana meliputi tujuan, peraturan dan kebijakan, metode dan standar, strategi dan organisasi, program, prosedur, anggaran, jadwal, dan rencana lainnya.

Tujuan

Sebelum menetapkan tujuan, terlebih dahulu manajemen puncak (misalnya direktur utama) menilai variabel relevan, kekuatan, dan kelemahan perusahaan.

Tujuan adalah tujuan umum yang menyatakan secara luas keadaan atau kedudukan di masa mendatang dan hasil akhir dari aktivitas perusahaan dalam jangka panjang. Contoh tujuan umum perusahaan : memperbaiki kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat secara lebih luas, dll.

Sasaran adalah tujuan khusus yang menggambarkan ruang lingkup yang jelas serta memberikan arah kepada usaha yang dilakukan dalam jangka pendek. Contoh sasaran : target laba 15% dari modal disetor.
Peraturan dan kebijakan
oPeraturan adalah suatu petunjuk, perintah, larangan, kompensasi, hak, sanksi, dan kewajiban dalam pelaksanaan pekerjaan.
oKebijakan adalah petunjuk menyeluruh secara lisan, tulisan atau yang dimaksudkan untuk menetapkan batas umum dan arah tindakan yang akan dilaksanakan. Contoh kebijakan : menjual produk secara tunai sebanyak 30% – 40% triwulan berikutnya, dan 30% triwulan berikutnya lagi.
file dokumen lebih lengkapnya silahkan download disini : 

Read comments

BAB 2 FUNGSI DAN JENIS ANGGARAN

Fungsi Anggaran

1.Fungsi Perencanaan
 
Anggaran merupakan alat perencanaan tertulis yang menuntut pemikiran serta teliti dan memberikan gambaran yang lebih rinci dalam unit dan uang
2.. Fungsi Pelaksanaan
 
Anggaran sebagai pedoman pelaksanaan pekerjaan, artinya, sebelum pekerjaan dilaksanakan terlebih dahulu mendapat persetujuan yang berwewenang (terutama dalam hal keuangan.
3.Fungsi Pengawasan
 
Anggaran merupakan alat pengawasan atau pengendalian. Pengawasan berarti mengevalusi (menilai) terhadap pelaksanaan pekerjaan, dengan cara :
1.Membandingkan
realisasi dengan rencana ( anggaran )
2.
Melakukan tindakan perbaikan bila dipandan perlu.

JENIS ANGGARAN

Segi Dasar Penyusunan

1.Anggaran Variable (variable budget) adalah anggaran yang disusun berdasarkan interval aktivitas tertentu dan pada dasarnya merupakan suatu sri anggaran yang dapat disesuaikan pada tinggak aktivitas yang berbeda.

2.Anggaran Tetap (Fixed Budget) adalah anggaran yang disusun berdasarkan tingkat kapasitas tertentu.

Segi Cara Penyusunan

1.Anggaran Periodik (Periodic Budget) adalah anggaran yang disusun untuk satu periode tertentu.

2.Anggaran Kontinu (continous budget) adalah anggaran yang dibuat untuk mengadakan perbaikan atas anggaran yang pernah dibuat.

¨

Read comments