BAB 2 FUNGSI DAN JENIS ANGGARAN

Fungsi Anggaran

1.Fungsi Perencanaan
 
Anggaran merupakan alat perencanaan tertulis yang menuntut pemikiran serta teliti dan memberikan gambaran yang lebih rinci dalam unit dan uang
2.. Fungsi Pelaksanaan
 
Anggaran sebagai pedoman pelaksanaan pekerjaan, artinya, sebelum pekerjaan dilaksanakan terlebih dahulu mendapat persetujuan yang berwewenang (terutama dalam hal keuangan.
3.Fungsi Pengawasan
 
Anggaran merupakan alat pengawasan atau pengendalian. Pengawasan berarti mengevalusi (menilai) terhadap pelaksanaan pekerjaan, dengan cara :
1.Membandingkan
realisasi dengan rencana ( anggaran )
2.
Melakukan tindakan perbaikan bila dipandan perlu.

JENIS ANGGARAN

Segi Dasar Penyusunan

1.Anggaran Variable (variable budget) adalah anggaran yang disusun berdasarkan interval aktivitas tertentu dan pada dasarnya merupakan suatu sri anggaran yang dapat disesuaikan pada tinggak aktivitas yang berbeda.

2.Anggaran Tetap (Fixed Budget) adalah anggaran yang disusun berdasarkan tingkat kapasitas tertentu.

Segi Cara Penyusunan

1.Anggaran Periodik (Periodic Budget) adalah anggaran yang disusun untuk satu periode tertentu.

2.Anggaran Kontinu (continous budget) adalah anggaran yang dibuat untuk mengadakan perbaikan atas anggaran yang pernah dibuat.

¨

Segi Jangka Waktu

1.Anggaran Jangka Pendek ( short range budget) adalah anggaran yang dibuat dengan jangka waktu paling lama sampai 1 tahun.

2.Anggaran Jangka Panjang ( long range budget ) adalah anggaran yang dibuat dengan jangka waktu lebih dari 1 tahun.

Segi Bidang

1.Anggaran Operasional (Operational Budget) adalah anggaran untuk menyusun anggaran laba rugi.

2.Anggaran Keuangan ( Financial Budget) adalah anggaran untuk menyusun anggaran neraca.

Kemampuan Menyusun

1.Anggaran Komprehensif (comprehensive budget) adalah rangkaian dari berbagai jenis anggaran yang disusun secara lengkap.

2.Anggaran Parsial (patrially budget) adalah anggaran yang disusun secara tidak lengkap atau anggaran yang hanya menyusun bagian anggaran tertentu saja.

Segi Fungsi

1.Anggaran Tertentu (appropiation budget) adalah anggaran yang diperlukan bagi tujuan tertentu dan tidak boleh digunakan untuk manfaat lain.

2.Anggran Kinerja (perfomance budget) adalah anggaran yang disusun berdasarkan fungsi kegiatan yang di;akukan dalam perusahaan.

Segi Metode Penentuan Harga Pokok Produk

1.Anggaran Tradisional (traditional budget) atau anggran konvensional (conventional budget) terdiri atas anggaran anggaran berdasar fungsional dan anggaran berdasar sifat. Anggaran berdasar fungsional adalah anggaran yang dibuat dengan menggunakan metode penghargapokokan penuh (full costing) dan berfungsi untuk menyususn anggaran tetap. Anggaran berdasar sifat adalah anggaran yang dibuat dengan menggunakan metode penghargapokokan variabel (variabel costing) dan berfungsi untuk menyusun anggaran variabel.

2.Anggaran berdasar kegiatan (activity based budget) adalah anggaran yang dibuat dengan mengunakan metode penghargapokokan berdasar kegiatan dan berfungsi untuk menyusun anggaran variabel dan anggaran induk.
 

0 comments:

Post a Comment