7 Bumbu Dapur dan Kebaikannya


Ghiboo.com - Indonesia memang kaya akan rempah-rempah. Selain enak untuk campuran masakan, rempah-rempah ini juga memberikan manfaat lain bagi kesehatan.

Kayu manis. Kayu manis kaya akan senyawa alami yang disebut polifenol. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa ini dapat bertindak seperti insulin dalam tubuh untuk mengatur kadar gula darah.

"Taruh setengah sampai satu sendok teh kayu manis dalam kopi Anda sebelum menyeduhnya," saran Dr. Wendy Bazilian, penulis "The SuperFoodsRx Diet: Lose Weight with the Power of SuperNutrients", dilanseir melalui Sheknows (9/10).

Oregano. Satu sendok teh oregano memiliki tingkat antioksidan yang setara dengan tiga cangkir brokoli. Jadi, jangan lupa taburkan oregano kering ke makanan Anda untuk mendapatkan kebaikannya.

Rosmeri. Senyawa dalam rosmeri membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, dimana hal ini menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit kronis.

Kunyit. Rempah berwarna kuning cerah ini membantu menjaga kesehatan otak dan melindungi dari risiko penurunan kognitif akibat penuaan. Selain itu, kunyit juga menjadi 'bumbu' sehat bagi jantung. Kari menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin sehat.

Daun thyme. Jenis rempah asal Mesir ini memberikan kebaikan bagi fungsi pernafasan Anda. Untuk mendapatkan manfaat dalam makanan Anda, taburi daun thyme ke dalam tumisan atau dressing salad.

Jahe. Penelitian menunjukkan bahwa satu sendok jahe memiliki tingkat antioksidan yang sama dengan satu cangkir bayam. "Para ilmuwan juga melihat senyawa penting dalam jahe untuk mengatasi masalah pencernaan (mual) serta mengurangi rasa sakit," jelas Dr. Bazilian.

Cabai. Baik cabai merah, rawit hingga paprika ternyata menjadi teman terbaik untuk Anda yang sedang diet. "Rasa pedas dalam berbagai bentuk menjanjikan kebaikan, seperti meningkatkan metabolisme, memberi rasa kenyang dan merangsang pembakaran lemak juga," ungkap Dr, Bazilian.

Nah, tunggu apalagi. Cek dapur Anda dan cari rempah-rempah tersebut, kemudian rasakan kebaikannya.

0 comments:

Post a Comment