Kunci Memenangkan Persaingan Bisnis Secara Sehat


empat kunci memenangkan persaingan bisnis secara sehat.
1. Efisiensi
Sesuatu baru bisa dikatakan efisien apabila perbandingan antara Output dengan Input lebih besar dari satu (Output/Input > 1).
Efisiensi berlaku pada kedua belah pihak; penjual (pebisnis) dan pembeli. Bila anda seorang pebisnis, efisiensi bagi pembeli (customer) anda adalah manfaat yang mereka dapatkan dari produk atau jasa yang mereka beli dari anda lebih besar ketimbang segala pengorbanan yang telah mereka keluarkan, termasuk uang.
2. Mutu (Quality)
Mutu produk/jasa mencakup dua hal, yakni bobot dan nilai. Bobot adalah kekuatan, peranan, dan pentingnya produk/jasa anda. Sementara nilai adalah kegunaan, makna, dan manfaat produk/jasa anda.
Pada tahap awal pemasaran, mutu produk/jasa memang masih menjadi sesuatu yang abstrak (meraba). Tapi, bila di kemudian hari diketahui bahwa produk/jasa anda sangat bermutu, tentu akan sangat banyak yang merekomendasikan untuk membeli produk/jasa anda.
3. Pelayanan (Service)
Banyak hal yang bisa diartikan sebagai pelayanan. Mulai dari keramahan, kedekatan, keakraban, kemudahan distribusi, sampai kepada pembinaan dan pembimbingan secara berkala dan kontinyu.
4. Komitmen
Komitmen adalah ketaatan pada asas. Sebagai pebisnis, anda harus taat pada janji, slogan, dan propaganda (pemasaran) yang anda buat sebelumnya. Sebagaimana halnya efisiensi, komitmen tidak hanya berlaku antara anda dan customer anda. Komitmen juga berlaku antara anda dengan diri anda sendiri. Kedua komitmen ini akan semakin menguatkan positioning bisnis anda.


0 comments:

Post a Comment