Cara Sederhana Atasi Bayi yang Sulit Tidur


VIVAnews –
Bayi membutuhkan cukup tidur agar dapat tumbuh optimal. Tidak heran jika banyak orang yang mengatakan salah satu ciri bayi sehat adalah banyak tidur. Tetapi pada kenyataannya, tidak mudah membuat bayi unntuk terlelap.
Tidak jarang para orang tua mengalami kesulitan untuk menidurkan sang buah hati.  Bayi yang susah tidur tidak saja merugikan si bayi tapi juga kurang baik bagi orang tua. Di era modern sekarang ini, hal itu menjadi kendala bagi bunda yang bekerja. Si ibu sering kurang tidur dan keletihan, yang menyebabkan kurangnya konsentrasi saat bekerja.
Tetapi, jangan kuatir. Masalah itu dapat diatasi dengan beberapa cara yang simpel seperti dikutip dari Modernmom.com:
·   Biasakan Rutinitas
Tidur yang teratur dan terstruktur dapat membantu bayi tertidur lebih mudah. Lakukan kebiasaan yang sama setiap hari, misalnya sehabis bayi dimandikan langsung diberi minum susu sambil ditidurkan.
Ada baiknya sambil didendangkan lagu. Begitu bayi sudah hampir terlelap, langsung letakkan ke tempat tidurnya. Bayi yang terbiasa tertidur sendiri akan melatihnya menjadi pribadi yang tenang dan juga membantu jam biologis.
·   Dibedong saat Tidur
Kain bedong akan membuat bayi merasa hangat dan nyaman sehingga ia mudah tertidur. Selain itu, dengan dibedong juga dapat mecegah bayi mencakar atau menyakiti wajahnya saat ia tidur.
·   Matikan Lampu
Suasana gelap akan membuat bayi tertidur. Cahaya lampu dapat mengalihkan perhatiannya, sebab bayi senang melihat sesuatu yang terang. Selain itu, dengan mematikan lampu saat tidur juga dapat melatihnya untuk dapat membedakan mana siang dan malam. Dengan demikian dia mengerti jika gelap maka itu waktunya tidur.

0 comments:

Post a Comment